Minggu, 06 Mei 2012

Sosial Media | Masalah Umum dan Pemecahannya


Social Media atau media sosial online seperti namanya adalah media-media yang popular dan dapat digunakan oleh siapa saja. Semua orang bisa diuntungkan atau bahkan dirugikan oleh social media dan itu tergantung pada bagaimana mereka memanfaatkannya. Ketika itu digunakan dengan benar maka media sosial online dapat mendatangkan manfaat yang besar untuk aktivitas sesehari, baik untuk pribadi atau komunitas, lembaga profit atau non-profit. Namun, jika salah digunakan akan mendatangkan masalah yang tidak dikehendaki. Berikut ini adalah beberapa masalah umum yang mungkin dialami oleh anda saat bersentuhan dengan media sosial online.

Waktu terbuang percuma! Ini bukan masalah saya saja, melainkan masalah bagi banyak pengguna media sosial lainnya di muka bumi ini. Beberapa studi menunjukkan bahwa terjadi penurunan produktivitas kerja karena media sosial online. Pada sisi yang sama, di tempat lain justru terjadi peningkatan produktivitas kerja karena media sosial online. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada sesuatu yang salah dalam media social online. Semua tergantung pada orang yang menggunakannya. Produktivitas yang meningkat menunjukkan bahwa orang menggunakan media sosial dengan baik, sedangkan produktivitas yang menurun menandakan bahwa orang menggunakan media sosial tidak dalam rangka mendukung aktivitasnya.

Ini solusinya! Sadarilah apa yang anda lakukan. Bukan masalah jika 10 jam sehari anda berada di depan komputer dan ber-facebook atau ber-twitter ria. Ini jauh lebih hebat dari pada sekadar menonton televisi. Namun, jika anda sedang mengerjakan sesuatu di media sosial online, jangan biarkan diri anda teralihkan oleh hal-hal lain sampai anda yakin pekerjaan anda telah tuntas dikerjakan.

Masalah umum yang berikutnya adalah Pelecehan. Jika menuliskan sesuatu atau sekedar meng-update status di facebook dengan topik yang kontroversial, maka mungkin akan ada orang yang tidak senang atau berbeda pendapat dengan anda dan melecehkan anda. Ini hal yang paling sering ditemui di media sosial online dan bukan tidak mungkin anda pernah atau akan mengalaminya.

Ini solusinya! Laporkan ke admin atau Laporkan ke penegak hukum. Semua media sosial online memiliki aturan main (term of service atau term and condition seperti punya kompasiana) yang melarang perilaku yang tidak pantas, namun tetap ada saja orang yang mencoba melakukan pelecehan. Anda bisa menyarankan teman-teman yang lain untuk melaporkan juga tindakan tersebut atau bila perlu melapor ke penegak hukum.

Akun anda dijebol? Ini masalah umum yang juga sering sekali dialami oleh pengguna media sosial online. Setelah dijebol biasanya digunakan untuk berbagai hal (umumnya dengan tujuan menjelekkan pengguna aslinya). Malang benar jika akun anda jebol. Anda tentu tidak perlu kapok untuk bersentuhan dengan media sosial online, anda hanya perlu mengatasinya.

Agar terbebas dari masalah ini, maka solusinya adalah Tutup pintu anda rapat-rapat! Media sosial online memiliki fitur privasi opsional yang dapat anda gunakan untuk menjaga privasi dan keamanan akun anda.

Selamat bersosialisasi di media online. Manfaatkanlah dengan baik teknologi yang ada sekarang untuk kebaikan dan jangan lupa “tutup pintu akun anda rapat-rapat“.

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Design by Enggar Ranu Hariawan | Best view with Mozilla Firefox 5.0.x version or above, at 1024x768 pixels resolution.

This site using Adobe Flash Player v9.0 or above and `Javascripts Enabled' on your browser

..