Sabtu, 15 Januari 2011

Jenis-Jenis Perangkat Lunak


Software / Perangkat Lunak adalah suatu system yang menghubungkan suatu computer(Hardware) dengan User(pengguna) agar dapat tercipta seuatu system yang dapat di berfungsi sesuai kemauan User



A. Jenis-Jenis Perangkat Lunak

Software komersial

Perangkat lunak komersial biasa juga disebut proprietary software merupakan perangkat lunak yang dijual secara komersial. Setiap orang yang bermaksud menginstalnya harus membelinya. Jika tidak membelinya berarti membajak perangkat lunak dan dapat dikenai sanksi hukum karena ada hak cipta (copyright). Hak cipta adalah satu bentuk hak yang dilindungi hukum dimana seseorang dilarang untuk menyalin hak atas kekayaan intelektual (HAKI) tanpa izin pemegangnya. Perangkat lunak ini juga disertai lisensi yang melarang pembeli menyalin perangkat lunak untuk diberikan kepada orang lain ataupun untuk dijual kembali. Contoh perangkat lunak komersial adalah Microsoft Office dan CorelDraw.

Software rentalware

Merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan oleh seseorang atau institusi dengan cara meyewa. Penyewaan biasanya dilakukan pertahun.

Software domain-public

Merupakan perangkat lunak yang tidak disertai hak cipta dan memungkinkan siapa saja melakukan tindakan apa saja terhadap program tersebut, termasuk membuang nama penciptanya dan memperlakukannya sebagai karya ciptanya sendiri dan mengenakan hak cipta. Perangkat lunak seperti ini umumnya berupa kode sumber dan banyak dijumpai di internet.

Software shareware

Merupakan perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan biasanya digunakan oleh pemakai dengan tujuan untuk dievaluasi selama masa tertentu tanpa membayar sama sekali dan jika sesudah masa tersebut berlalu, maka pemakai tersebtu tetap menggunakannya maka ia harus membayar ke pembuat (pemegang hak cipta) perangkat lunak tersebut.

Perangkat lunak freeware

Perangkat lunak jenis ini tersedia tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membayar..

B. Sistem Pengoperasian Dan Program Kontrol

Adalah satu set program untuk komputer mengendalikan sumbernya (resources) sendiri seperti unit pemprosesan pusat (central processing unit), ingatan utama (main memory), ingatan sekunder (secondary memory), peranti Input dan Output (Input/Output devices).
Oleh yang demikian perisian aplikasi pengguna (users application software) tidak perlu menyediakan semua arahan yang diperlukan oleh komputer.
Ini membolehkan pengaturcara memfokuskan usahanya kepada penyelesaian masalah kepada pelanggan.

Proram Kontrol yang bisa disebut Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

  1. 1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory

  2. 2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi

  3. 3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna

  4. 4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain

  5. 5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

C. Utiliti dan Program Layanan

Program Utility adalah program-program (dalam hal ini pada Windows) yang memiliki kegunaan yang besar untuk berbagai macam kebutuhan. Program Utility ada yang internal (bawaan dari Windows), ada yang eksternal (program lain).

Utility internal adalah utility yang sudah ada pada Windows kita, secara default sudah terinstall pada saat kita selesai menginstall Windows. Contoh : Notepad (untuk menulis), Wordpad (untuk menulis), Windows Media Player (multimedia), Games, Calculator, Paint (menggambar) dan lain-lain.

Utility External adalah utility yang bukan bawan Windows, harus menginstall terlebih dahulu. Macam-macam Utility External:

1. Antivirus

    Antivirus adalah program untuk menscan, menghapus, dan berjaga-jaga dari serangan virus. Program ini akan selalu berjalan di background/tray icon jika diaktifkan. Antivirus sangat penting bagi Windows. Contoh Antivirus : McAfee, Norton, AntiVir, Panda, AVG, dan lain-lain.

    2. Burning

      Jika kita punya CD-RW ROM atau DVD-RW ROM, kita bisa membakar (burn) CD kita, sehingga dapat digunakan menyimpan data. Contoh : Ahead Nero 6

      3.Multimedia

      adalah software yang mampu mengolah gambar dan suara. Contoh : Winamp, PowerDVD, WinDVD, Windows Media Player, ACDSee, QuickTime.

      4. Office dan internet

      Office contoh : Microsoft Office (Word, Power Point, Excel, Access), yang gratis : OpenOffice.

      Internet contoh : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape, Opera.

      Untuk chatting : MiRC, BitchX.

      Untuk messenger : Yahoo Messenger, ICQ, MSN Messenger. Apa beda chatting dan messenger ?

      Untuk file transfer : FTP, misal WS_FTP, CuteFTP.

      Untuk download : Download Accelerator, IDM, FlashGet, RedGet.

      Program Layanan adalah sebuah layanan berupa eksekusi program yang berjalan di latar belakang Sistem Operas. Program ini melakukan fungsi yang spesifik dan dirancang untuk tidak memerlukan campur tangan pengguna untuk menjalankan. Mereka biasanya dikonfigurasi untuk langsung berjalan ketika Windows sedang dijalankan dan service ini berjalan di latar belakang sepanjang waktu. Meskipun juga mereka dapat dimulai secara manual jika diperlukan.

      D. Program Aplikasi Pemakai

      Perangkat lunak aplikasi sejatinya adalah program yang didesain khusus untuk menyelesaikan masalah spesifik pengguna, seperti melakukan tugas-tugas mengetik dokumen, manipulasi foto, merancang bangunan. Perangkat lunak aplikasi dapat digolongkan menjadi:

      • Perangkat lunak hiburan
      • Perangkat lunak pendidikan
      • Perangkat lunak produktivitas kerja
      • Perangkat lunak bisnis
      • Perangkat lunak khusus

      Perangkat lunak hiburan mencakup berbagai macam program permainan (game), program untuk memainkan musik (seperti WinAmp dan JetAudio), dan program untuk memainkan film (seperti Windows Media Player). Saat ini berbagai program seperti tersebut selain bisa memainkan musik juga sudah bisa memainkan film sekaligus.

      Perangkat lunak pendidikan berguna untuk mempalajari atau mereferensi suatu pengetahuan. Yang termasuk dalam kategori ini misalkan program kamus, ensiklopedi, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing, dan simulasi.

      Ada kalanya sebuah program menggabungkan kemampuan pendidikan dan hiburan sekaligus. Perangkat seperti ini biasa disebut entertainment. Banyak program untuk anak-anak yang mendukung unsur hiburan dan pendidikan. Mereka bisa bermain sambil belajar kata-kata atau mengenali benda dengan komputer.

      Perangkat lunak bisnis digunakan untuk menangani aplikasi bisnis. Misalnya berupa program untuk menangani persediaan barang (inventory control). Pencatatan pembayaran piutang (account receivable), dan registrasi mahasiswa (sistem informasi akademik).

      Di luar penggolongan di atas terdapat kelompok perangkat lunak produktifitas lain misalnya yang tegolong sebagai pengelola statistik (contoh: SPSS dan Microstat) dan matematika dan simulasi (contoh: MatLab).

      Referensi :

      lecturer.ukdw.ac.id/anton

      teknik-informatika.com

      http://agussale.com/

      0 comments:

      Poskan Komentar

      Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

       
      Design by Enggar Ranu Hariawan | Best view with Mozilla Firefox 5.0.x version or above, at 1024x768 pixels resolution.

      This site using Adobe Flash Player v9.0 or above and `Javascripts Enabled' on your browser

      ..