Rabu, 05 Oktober 2011

STANDARISASI DAN ISTILAH WIRELESS

Selama saya belajar, rasanya tidak ada standarisasi dan istilah-istilah yang lebih membingungkan daripada belajar standarisasi dan istilah yang ada di wireless network. Pertama, saya berfikir bahwa standarisasi protokol wireless yang dinamakan 801.11a pastilah standarisasi yang pertama, diikuti 802.11b dan terakhir 802.11g yang merupakan versi terbaru. Pemikiran yang salah besar ! Ketika mendengar tentang 802.1x, saya berfikir ini pastilah standarisasi protokol komunikasi wireless seperti 802.11a, 802.11b dan 802.11g. Kali ini, kesalahannya bahkan lebih besar karena 802.1x ternyata tidak ada hubungannya dengan standarisasi protokol komunikasi wireless! Celakanya lagi, banyak yang malas menuliskan 802.11a, 802.11b, 802.11g dan menyingkat semuanya menjadi 802.11x sehingga sangat mirip dengan 802.1x ! Ketika mendengar SSID kemudian adalagi BSS, ESS dan IBSS, saya berfikir pastilah semuanya berhubungan dengan SSID namun ternyata salah juga. Setiap hari mendengar Wi-Fi, saya mengambil kesimpulan bahwa Wi-Fi merupakan singkatan dari wireless. Kali ini kesalahannya tidak bisa dimaafkan !


Untuk apa harus repot-repot dengan standarisasi ?

Untuk sebuah teknologi yang bersifat massal, sebuah standarisasi sangatlah dibutuhkan. standarisasi akan memberikan banyak keuntungan, diantaranya adalah :
  • Pertama, pembuat hardware yang berbeda bisa saling bekerja sama. Anda tentu tidak suka apabila wireless di laptop Anda hanya bisa berhubungan dengan peralatan yang berasal dari merk yang sama.
  • Kedua, pembuat hardware tambahan bisa membuat peralatan yang berlaku untuk semua peralatan berdasarkan informasi dari standarisasi yang telah baku.
  • Ketiga, penghematan dan perkembangan teknologi yang jauh lebih cepat. Misalnya, saat ini terdapat 2 standarisasi DVD versi terbaru yang menyimpan data jauh lebih banyak yaitu HD-DVD dan BlueRay. Pembuat film, harus memilih salah satu diantara keduanya untuk menyimpan filmnya, apakah dengan format HD-DVD atau BlueRay.
Jika pembuat film memutuskan untuk menyimpannya dalam format HD-DVD, jelas bahwa film mereka tidak akan dibeli peminatnya yang kebetulan hanya mempunyai player BlueRay. Sebagai pengguna akhir, Anda harus memilih mempunyai player HD-DVD atau BlueRay. Memiliki kedua player ini atau memilih player yang bisa memainkan kedua jenis DVD baru ini akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak dari yang seharusnya Anda keluarkan.


IEEE dan Wi-Fi
Banyak yang mencampur adukkan antara IEEE (dengan 802.11-nya) dan Wi-Fi, lebih parah lagi semua produk wireless dianggap sebagai Wi-Fi seperti ada saja orang gila yang mengira bahwa Wi-Fi merupakan singkatan dari Wireless ! (ya, saya adalah orangnya). IEEE dan Wi-Fi adalah dua hal yang berbeda, atau lebih tepatnya merupakan 2 organisasi yang berbeda. IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) merupakan organisasi non-profit yang mendedikasikan kerja kerasnya demi kemajuan teknologi.

Organisasi ini mencoba membantu banyak sekali bidang teknologi seperti teknologi penerbangan, elektronik, biomedical, dan tentu saja komputer juga termasuk didalamnya. Keanggotaan organisasi IEEE diklaim mencapai 370.000 orang yang berasal dari 160 negara di dunia ini. Pada tahun 1980 bulan 2, IEEE membuat sebuah bagian yang mengurusistandarisasi LAN (Local Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network). Bagian ini kemudian dinamakan sebagai 802. Benar, angka 80 menunjukkan tahun dan angka 2 menunjukkan bulan dibentuknya kelompok kerja ini. IEEE dan Wi-Fi adalah dua hal yang berbeda, atau lebih tepatnya merupakan 2 organisasi yang berbeda. IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) merupakan organisasi non-profit yang mendedikasikan kerja kerasnya demi kemajuan teknologi.

Organisasi ini mencoba membantu banyak sekali bidang teknologi seperti teknologi penerbangan, elektronik, biomedical, dan tentu saja komputer juga termasuk didalamnya. Keanggotaan organisasi IEEE diklaim mencapai 370.000 orang yang berasal dari 160 negara di dunia ini. Pada tahun 1980 bulan 2, IEEE membuat sebuah bagian yang mengurusi standarisasi LAN (Local Area Network) dan MAN (Metropolitan Area Network). Bagian ini kemudian dinamakan sebagai 802. Benar, angka 80 menunjukkan tahun dan angka 2 menunjukkan bulan dibentuknya kelompok kerja ini.

So,..
Anda sudah melihat sekilas pandang mengenai organisasi IEEE dan spesifikasi yang dihasilkannya, lalu apa itu Wi-Fi ? IEEE telah membuat standarisasi jaringan wireless namun standarisasi ini dirasakan masih kurang lengkap untuk memenuhi kebutuhan dunia bisnis. Karena itu, dibentuklah sebuah asosiasi yang dipelopori oleh Cisco yang dinamakan sebagai Wi-Fi (Wireless Fidelity) yang beralamat di http://www.wi-fi.org/.
Organisasi Wi-Fi ini bertugas memastikan semua peralalatan yang mendapatkan label Wi-Fi bisa bekerja sama dengan baik sehingga memudahkan konsumen untuk menggunakan produknya. Siapa saja anggota Wi-Fi sehingga mereka begitu berkuasa ? Cisco, Microsoft, Dell, Texas Instrumens, Apple, AT&T, dan masih banyak sekali yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Anda bisa melihat daftar anggota geng dari Wi-Fi yang sangat banyak ini di http://www.wi-fi.org/our_members.php. Organisasi Wi-Fi membuat peralatan berdasarkan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh IEEE walaupun tidak 100% sama sehingga bisa jadi terdapat feature yang ditambahkan ke dalam peralatan wireless yang tidak ada di dalam standarisasi yang dikeluarkan oleh IEEE.

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Design by Enggar Ranu Hariawan | Best view with Mozilla Firefox 5.0.x version or above, at 1024x768 pixels resolution.

This site using Adobe Flash Player v9.0 or above and `Javascripts Enabled' on your browser

..