Minggu, 06 Oktober 2013

TOKOBAGUS.COM | Profil Perusahaan Berbasis IT


PROFIL PERUSHAAN
    Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Arnold yang kala itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat perkembangan pesat situs e-commerce di Amerika, amazon.com. Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari berbagai kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar, maka tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus.Pada tahun 2010, PT Tokobagus akhirnya hijrah ke Jakarta setelah membangun usaha selama 5 tahun di Denpasar, Bali. Nama Tokobagus berasal dari kata “Toko” dan “Bagus”, kata Toko dipakai dengan tujuan agar setiap pengguna bisa membuka toko (online) nya sendiri. Sedangkan kata “Bagus” didapat Arnold lantaran ia sering melihat kata bagus digunakan untuk nama toko di Indonesia. Tokobagus, kadang disebut Toko Bagus adalah sebuah situs iklan baris yang berfokus kepada aktifitas jual beli di Indonesia. Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Situs ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus.

VISI DAN MISI
Visi :

  • menguasai pasar bisnis jual beli online di Indonesia.
Misi : 
  • Melayani mayoritas atau lebih dari 50% populasi pengguna internet di Indonesia
  • Memberikan kemudahan dan kecepatan e-commerce untuk kedua penjual dan pembeli
  • Menarik banyak pengguna baru yang belum pernah mencoba e-commerce sebelumnya
  • Membuat web berbasis mobile
KELEBIHAN & KEKURANGAN
Kelebihan : 
  • Variasi barang yang di jual beraneka ragam
  • Barang yang dijual dikelompokkan menurut jenisnya
  •  Memiliki search engine sendiri untuk mencari jenis barang tertentu
  • Mencangkup seluruh Indonesia
  • Tampilan cukup menarik
Kekurangan :
  • Masih banyak penipu
  • Penjual banyak yang tidak serius dalam berjualan
  • Barang-barang yang sudah sold out masih terpampang
  • Ada beberapa barang yang harga dan jenis barangnya tidak masuk akal
Untuk preview lebih jelasnya klik disini

SARAN
      Untuk kedepannya diharapkan toko bagus dapat menutupi semua kekurangannya seperti hanya melayani penjual-penjual yang serius untuk berjualan, dan memiliki data-data atau bukti untuk berjualan yang lengkap sehingga konsumen merasa percaya dan aman dalam berbelanja. Selanjutnya admin toko bagus seharusnya menghapus iklan-iklan yang tidak masuk di akal, contohnya iklan motor yang harganya di buat Rp 1 / Rp 123 atau juga Rp 1milyar. hal ini hanya manjadi spam dan dapat membuat konsumen menjadi lama dalam memilih barang. Barang sold out pun masih terpampang iklannya saat kita mencari barang, itu hanya memperlambat konsumen untuk memilih barang. Kalau hal ini terjadi dapat mengurangi jumlah pembeli yang berkunjung untuk berbelanja di toko bagus ini. 

     Untuk tambahan saja, kalau bisa iklan di toko bagus jangan berbentuk foto, tetapi video yang berisikan alamat penjual foto penjual serta barang-barang yang akan dijual, dengan memasukkan ide ini, pastinya akan menambah kepercayaan dan rasa aman pembeli yang ingin berbelanja di toko bagus.

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Design by Enggar Ranu Hariawan | Best view with Mozilla Firefox 5.0.x version or above, at 1024x768 pixels resolution.

This site using Adobe Flash Player v9.0 or above and `Javascripts Enabled' on your browser

..